Wednesday, May 4, 2011

Wicked Suffer - Viciouscircle EP review

Wicked Suffer - Viciouscircle EP tape

label: WHMH Recs & Gu'ide Stuff

year: 2011

benchmark: Infest, Negative Approach

rating : 4/5

Suatu kejutan ketika mendapat kabar bahwa band ini telah merilis mini album mereka. Hal yang jarang terjadi di scene Hardcore Yogyakarta dimana sebuah band baru bisa secepat itu merilis album . ohya sebagai info, band ini terdiri dari Rudi (eks This Heart), Yuda (To Die, eks This Heart, After Die (R.I.P), Adit (Killed On Juarez) dan Dito.

Tanpa ekspektasi yang berlebihan ternyata mini album ini sangat menakjubkan. Totalitas yang sangat maksimal dari kuartet Kandang Blacan ini.

Pertama mari kita lihat kover nya, ok i know "dont judge the book by it's cover" tapi hanya dengan melihat artwork nya pun nggak ada alasan untuk tidak penasaran melihat isi album ini. Aah, tentu saja, artwork kover album ini di buat oleh salah satu artworker handal kota Jogja yang nota bene juga gitaris band ini, Yuda Matirasa. Black and white, simple, Pushead style. Serasa memandang sebuah kover album dari band Hardcore era 80an.

Sekarang kita coba mendengarkan materi lagu mereka.

Holly shit, these dudes really kick ass.

Most kids in Indonesia hardly could not see the differencess between Thrashcore and Power violence, most kids here listen to bands who combine Thrashcore with a bit of Power Violence, for example Fuck On The Beach, Charles Bronson etc, kebanyakan generasi ke dua atau ke tiga Power Violence. Nah WxS di sini secara mengejutkan malah kembali bersekplorasi ke roots awal Power Violence.

As a band they're a Hardcore band but as the music goes basically they're playing a mix of 80's Hardcore with sludgy element, yang mana musik seperti ini di pioneri oleh band seperti Infest (Los Angeles). Kemudian formula ini di tahun 90an awal di format ulang oleh band band seperti Man Is The bastard, Capitalist Casualties, No comment dll untuk membuat sebuah cross genre bernama Power Violence. Jadi bisa di bilang musik yang di mainkan oleh WxS adalah early Power Violence. Ok, mungkin kita bakal nemu bau bau Negative Approach dan Negative Effect di sini, itu nggak bisa di pungkiri karena bagaimanapun juga Infest pun terpengaruh pula oleh keagresifan dan aura kebencian 2 band tadi.

Beat beat mereka sangat agresif, part part naik turun dengan sound gitar yang gelap dan tebal. bagi sebagian orang mungkin hasil rekaman mereka terlalu bersih untuk karakter musik Power Violence yang biasanya sedikit raw. Sementara karakter vokalisnya terasa penuh dengan kebencian, sesuai dengan tema lirik mereka, full of hatred. Sangat berbeda dengan gaya penulisan Rudi, sang vokalis ketika masih di This Heart. Straight to the point, bercerita tentang hipokritisme,scene stuff, kebencian and a whole lots of hatred.

7 lagu di sini masih terasa kurang jumlahnya, i want fukking more.

go get this tape if you like your hardcore aggresive, dark and yet, full of hatred

By: Indra Menus

No comments:

Post a Comment